This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qomariyah, Nur (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL CONTOH NON CONTOH (EXAMPLE AND NONEXAMPLE) PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I MI. MIFTAHUL ULUM PRODO KECAMATAN WINONGAN KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Fakta pembelajaran IPA di MI. Miftahul Ulum Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa (1) selama ini pembelajaran IPA hanya mengacu pada metode yang teoritis dengan media yang terbatas, sehingga siswa menjadi tidak tertarik karena terlalu banyak konsep yang harus mereka hafal; (2) budaya/ kecintaan membaca siswa kurang, siswa cenderung belajar dengan menghafal konsep; (3) siswa dalam mendefinisikan suatu konsep cenderung sama dari pengertian yang ada dalam buku teks; (4) Proses pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi biasa sehingga siswa kurang tertarik dengan mata pelajaran IPA; (5) ulangan harian pra tindakan dengan jenis soal uraian rata-rata 55; (6) siswa beranggapan bahwa mata pelajaran IPA sebagai mata pelajaran yang membosankan dan sebagai ilmu hafalan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model contoh non contoh. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI. Miftahul Ulum Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan pada semester I tahun ajaran 2014/2015 pada bulan September 2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11. Peningkatan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 75%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 12. Peningkatan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model contoh non contoh dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI. Miftahul Ulum Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Machfud Bachtiyar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; IPA; Model Contoh Non Contoh | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2015 02:46 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2015 02:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1115 |
Actions (login required)
View Item |