This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fanani, Abdul Khalim (2013) PESAN MORAL DALAM IKLAN OREO VERSI OREO DAN HANDPHONE AYAH : PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah: (1) Apa petanda dan penanda dalam iklan oreo versi Oreo dan Handphone Ayah, (2) Apa makna denotasi dan konotasinya, (3) Apa pesan moral yang didapat dari iklan tersebut.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif yang berguna memberikan data-data mengenai iklan oreo versi Oreo dan Handphone Ayah. Kemudian peneliti menganalisis data-data dalam iklan tersebut menggunakan metode semiotik Roland Barthes. Sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang tentang iklan tersebut.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Petanda dalam iklan oreo versi Oreo dan Handphone Ayah adalah gambar anak dan ayah, dialog antar tokoh. Sedangkan penandanya adalah semangat pantang menyerah seseorang untuk mempertahankan pendapatnya, ekspresi wajah bisa menunjukkan perasaan seseorang, dan jiwa besar seseorang yang mau mengakui kekalahannya. (2) Makna denotasi dalam salah satu scene adalah Kedua tokoh yang mempenyai pendapat berbeda. Anak memilih oreo, sedangkan ayah memilih handphone. Makna konotasi yang didapat perbedaan pendapat diantara manusia adalah hal yang wajar terjadi. Perbedaan itu terjadi karena adanya latarbelakang, pemikiran dan kebutuhan yang berbeda. (3) Pesan moral yang bisa diambil adalah hargailah pendapat orang lain yang berbeda dengan kita.
Bertitik tolak dari penelitian ini, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas iklan dan pengelolahnya adalah sudah sepatutnya iklan pada era modern ini menyisipkan beberapa pesan atau kritik yang bermanfaat dan membangun masyarakat. Bukan hanya sekedar tujuan komersil, mempromosikan produk dan membujuk calon pelanggan saja.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Lilik Hamidah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Komunikasi | ||||||
Keywords: | Pesan Moral; Semiotika; Iklan Oreo; | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 13 Apr 2015 06:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11171 |
Actions (login required)
View Item |