This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Solikhah, Maratus (2013) ANALISIS PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK GRIYA iB HASANAH DI PT BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang berjudul Analisis Penyelamatan Pembiayaan Bermasalah pada Produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan. Pertama, bagaimana kreteria pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya? Kedua, bagaimana mekanisme penyelamatan pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan analisis data secara deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi, yang bertujuan untuk mendeskripsikan kreteria pembiayaan bermasalah dan mekanisme penyelamatan pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa kreteria pembiayaan bermasalah yaitu: pertama, dalam perhatian khusus apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran dari 60 hari sampai dengan 90 hari. Kedua, kurang lancar yaitu apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran dari 90 hari sampai dengan 180 hari. Ketiga, diragukan yaitu apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran dari 180 hari sampai dengan 270 hari. Keempat, macet yaitu apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran lebih dari 270 hari. Sedangkan upaya penyelamatan yang dilakukan oleh PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya bergantung pada 3 (tiga) pilar yaitu kemampuan membayar kembali, agunan, dan kredibilitas manajemen. Dari analisis pilar-pilar tersebut digunakan untuk menentukan langkah penyelamatan yang akan dilakukan. Adapun mekanisme penyelamatan pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya yaitu: pertama, penagihan secara intensif. Kedua, restrukturisasi dengan Resecheduling (penjadwalan kembali) dan Reconditioning (persyaratan kembali). Ketiga, penjualan agunan yang dilakukan oleh nasabah pembiayaan sendiri.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya agar lebih selektif dan professional dalam pemberian pembiayaan. Di samping itu, pihak bank juga harus melakukan pengawasan secara ketat dan continue agar dapat meminimalisir pembiayaan bermasalah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | H. Abu Azam Al HAdi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Rupurchase Agreement | ||||||
Keywords: | Pembiayaan Bermasalah; Produk Griya Ib Hasanah; Bank BNI Syariah; | ||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2015 09:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11185 |
Actions (login required)
View Item |