This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aini, Qurrotu (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS IV MATERI POKOK INFAK DAN SEDEKAH DI MI MIFTAHUL MUBTADI'IN DABUNG BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
pustaka.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang terjadi di kelas peneliti yaitu kesulitan yang di alami oleh guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, dimana interaksi yang terjadi antara guru dan siswa harus sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kurangnya kreatifitas guru berinovasi dalam metode pembelajaran, dimana fenomena yang terjadi guru banyak memakai metode cerama saja dalam proses pembelajaran sehingga siswa mengalami kebosanan dan ketidak gairahan dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Dengan alasan tersebut peneliti melakukan PTK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran mata pelajaran Fikih. Dengan model pembelajaran ini, maka siswa dibantu untuk dapat lebih mudah memahami materi, dapat berkooperatif, dapat lebih aktif baik dalam berdiskusi maupun dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Penelitian dilakukan di MI Miftahul Mubtadi'in Dabung Bangkalan, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, Mengenai teknik atau metode pengumpulan data, penelitian menggunakan metode, observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik kualitatif yaitu data-data untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan kuantitif yaitu berupa data-data tentang hasil belajar/tes siswa....
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 07 Apr 2015 04:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11244 |
Actions (login required)
View Item |