This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Abidin, Zainal (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN PECAHAN SEDERHANA DENGAN MEDIA BENDA KONGKRET DI KELAS III MI THORIQUL HUDA NGRONGGOT NGANJUK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
bab ii.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
bab iii.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
bab iv.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran dikelas guru lebih dominan menjadi subyek dan sentral dalam proses pembelajaran yang masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa mencari alternatif untuk memunculkan minat dan motivasi mereka untuk lebih aktif dalam proses belajar, sehingga siswa lebih cenderung pasif padahal idealnya peserta didik yang harus menjadi subyek dalam pembelajaran dimana mereka harus aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar matematika dalam memahami bilangan pecahan sederhana dengan media benda kongkret, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus atau dua putaran. Adapun setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Intrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,panduan wawancara dan soal tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar matematika pada bilangan pecahan sederhana dengan media benda kongkret meningkat dari pratindakan, siklus 1 dan siklus II yaitu, Dari hasil tes tersebut memperlihatkan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar 42,3%, pada siklus 1 ada peningkatan menjadi 61,5% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 88,46%.
Sedangkan untuk penerapan metode pembelajaran dengan media benda kongkret termasuk katagori baik untuk peningkatan motivasi belajar matematika pada bilangan pecahan sederhana.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mukhlishah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Bilangan pecahan sederhana; Media Benda Kongkret | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2015 10:48 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11248 |
Actions (login required)
View Item |