This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yasin, Roychan (2013) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA DI MADRASAH DINIYAH PROGRAM KHUSUS PESANTREN MAHASISWA ANNUR SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (772kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
Bab3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab4.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab5.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu persoalan yang dihadapi dunia pendidikan Bahasa Arab kini adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran anak kurang didorong untuk untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Proses dalam kelas diarahkan pada kemampuan anak untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi. Anak tidak diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri secara bebas. Hubungan interaksi antara guru dan anak hanya terbatas pada transformasi pengetahuan saja. Guru menjelaskan anak mendengar. Proses pembelajaran tidak diiringi interaksi dan komunikasi aktif anak didik. Yang akhirnya sudah barang tentu tujuan pembelajaran Bahasa Arab yang ditetapkan tidak dapat dicapai secara optimal.
Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mengusulkan sebuah solusi yaitu penerapan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) sebagai metode pembelajaran khususnya dalam ketrampilan berbicara. Metode pembelajaran ini bisa meningkatkan kreatifitas, ketrampilan sosial dan akademik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan ialah tes, angket dan wawancara. Setelah eksperimen dilaksanakan dan semua data yang terkumpul dianalisa, kesimpulannya ialah terdapat perbedaan signifikan hasil nilai siswa ketika pretest 63% dan posttest 76,88%. Ini membuktikan bahwa metode yang yang diusulkan peneliti sangat efektif dalam meningkatkan ketrampilan berbicara siswa khususnya sebagai alat komunikasi, mendiskusikan tema-tema tertentu, membatasi peran anggota kelompok dan menyimpulkan berbagai pendapat. Demikian pula t test yang dilakukan peneliti membuktikan kebenaran eksperimen tersebut. Hasil ini juga didukung dengan hasil analisa angket dan wawancara.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Prof. DR. H. Burhan Jamaluddin, MA. | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||
Keywords: | Kemahiran Berbicara, Metode Cooperative Learning | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 02:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11326 |
Actions (login required)
View Item |