PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS MENERJEMAHKAN SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA GAYAMAN MOJOANYAR MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khomsim, Ali (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS MENERJEMAHKAN SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA GAYAMAN MOJOANYAR MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Metode Drill adalah suatu cara mengajar dimana guru memberikan tugas tertentu dan siswa mencoba melaksanakannya. Jadi siswa dilatih atau di training dalam rangka menanamkan kebiasaan-kebiasaan atau untuk mendapatkan keterampilan-keterampilan tertentu tentang pendidikan yang telah dipelajarinya.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimanakah prestasi belajar Al Qur’an Hadits sebelum diterapkan metode Drill ?. b. Bagaimana Penerapan motode Drill dalam meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadit Menerjemahkan Surat-Surat Pendek pada siswa Kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015? c. Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pelajaran Al Qur’an Hadits Menerjemahkan Surat-Surat Pendek pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015 Setelah Diterapkan Metode Drill?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: a. Untuk mengetahui prestasi belajar Al Qur’an Hadits sebelum diterapkan metode Drill . b. untuk mengetahui Penerapan motode Drill dalam meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadit Menerjemahkan Surat-Surat Pendek pada siswa Kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015. c. untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pelajaran Al Qur’an Hadits Menerjemahkan Surat-Surat Pendek pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015 Setelah Diterapkan Metode Drill.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas (classroom action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto. Data yang diperoleh berupa hasil tes ujian akhir, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari data hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya dapat diketahui bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar 56,67% pada siklus I menjadi 90% pada siklus kedua Peningkatan ini menandakan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran AL Qur’an Hadits menerjemah surat-surat pendek kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode drill.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khomsim, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Keywords: Metode Drill; Prestasi Belajar; Menerjemahkan Surat-Surat Pendek
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 04:34
Last Modified: 25 Feb 2015 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item