This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sutiyono, Sutiyono (2014) PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELAKUKAN PERCOBAAN PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS VI MI MANBA’UL ULUM JAPANAN KEMLAGI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Dengan semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,
semakin tinggi pula tuntutan masyarakat terhadap sekolah terutama dalam peningkatan mutu pendidikan, sehingga menuntut guru untuk melakukan perubahan-perubahan di dalam metode mengajarnya. Melalui refleksi diri terhadap metode yang selama ini berupa ceramah diubah dengan metode menggunakan alat peraga, walaupun menggunakan alat peraga sederhana.
Merealisasi tuntutan tersebut di atas, Guru menyadari dengan melalui penilaian diri sendiri sejauh mana metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar akan berdampak meningkatkan hasil belajar siswanya. Oleh karena itu, berbagai macam upaya yang dilakukan di antaranya mengadakan Penelitian Tindakan Kelas agar hasil belajar siswa meningkat tanpa anak merasa jenuh dan malas untuk belajar yaitu dengan mengajarkan anak dengan menggunakan alat peraga.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah studi kasus dengan menggunakan dua siklus. Siklus pertama : Proses Belajar Mengajar tanpa menggunakan alat peraga SAINS. Sedangkan siklus kedua : Proses Belajar menggunakan alat peraga.
Dari kedua siklus di atas ternyata siklus yang kedua lebih efektif dan lebih menyenangkan anak dan hasilnya siklus yang kedua hasil belajar anak meningkat berdasarkan pada hasil setiap siklus yaitu : siklus I (75%) dan siklus II (96.43%). Hal ini menunjukkan bahwa anak lebih terangsang untuk belajar SAINS, sehingga manfaatnya benar-benar meningkatkan hasil belajar anak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Evi Fatimatur Rusydiyah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Penggunaan Alat Peraga; Keterampilan Melakukan Percobaan; Materi Gaya dan Gerak | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2015 04:51 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2015 04:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
View Item |