MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKn POKOK BAHASAN PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM CERME GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Khoirul (2014) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKn POKOK BAHASAN PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM CERME GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Media pengajaran merupakan alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa, dan mencegah terjadinya verbalisme pada siswa. Pengajaran yang banyak menggunakan verbalisme, tentu akan membosankan, sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira dalam belajar atau senang karena merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang diterimanya. Dengan demikian kegiatan belajar akan lebih efektif.
Tujuan penelitian tindakan ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Penggunaan Media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas VI MI.Miftahul Ulum Betiting Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dan (2) Dampak Penggunaan Media pengajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Kelas VI MI.Miftahul Ulum Betiting Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.
Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan. Penelitian tindakan merupakan merupakan intervensi skala kecil terhadap tindakan dunia nyata dan pemeriksaan cermat terhadap pengaruh intervensi tersebut (Cohen dan Mantion, 1980)yang dikutip oleh Zuriah,(2003). Rancangan dalam penelitian ini direncanakan melalui beberapa tahap perencanaan, diantaranya: (1) refleksi awal, (2) peneliti merumuskan permasalahan secara operasional, (3) peneliti merumuskan hipotesis tindakan dan (4) menetapkan dan merumuskan rancangan tindakan. Rancangan penelitian tindakan ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru-guru Kelas VI MI.Miftahul Ulum Betiting Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.
Hasil penelitian adalah bahwa dengan menggunakan media bermedia pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, menunjukkan bahwa aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa Kelas VI MI.Miftahul Ulum Betiting Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik mengalami peningkatan. Sehingga dapat ditegaskan bahwa dengan penggunaan media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar memiliki dampak positif terhadap belajar siswa, sebab umumnya siswa Kelas VI Sekolah Dasar lebih senang melihat media pengajaran dari pada memperhatikan tulisan yang belum dimengerti dan dipahami. Pada akhirnya media bermedia pengajaran merupakan solusi terbaik bagi siswa Kelas VI dalam mencapai tujuan belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Maksum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Keywords: Minat Belajar; Nilai-Nilai Pancasila; Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2015 08:09
Last Modified: 26 Feb 2015 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item