PENDIDIKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN: STUDI TENTANG PANDANGAN STAKEHOLDER DI SMP MIFTAHURROHMAN PUNDUTTRATE BENJENG GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, Muhammad Husnur (2014) PENDIDIKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN: STUDI TENTANG PANDANGAN STAKEHOLDER DI SMP MIFTAHURROHMAN PUNDUTTRATE BENJENG GRESIK. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan masih menjadi problem serius di dunia pendidikan. Munculnya kasus-kasus yang terkuak ke media masa mengisyaratkan tidak adanya kesefahaman diantara stakeholder pendidikan dalam kedisiplinan yang
harus dilaksanakan. Fokus dalam penelitian ini adalah pendidikan kedisiplinan melalui hukuman. Ada tiga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini.
Pertama, bagaiman hukuman menurut perspektif Islam. Kedua, bagaimana penerapan pendidikan kedisiplinan siswa melalui hukuman. Ketiga, bagaimana pandangan stakeholder tentang pendidikan kedisiplinan siswa melaui hukuman di
SMP Miftahurrohman Punduttrate Benjeng Gresik.
Metodologi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, maka peneliti berusaha memiliki bekal teori dan wawasan yang luas sehingga mampu bertanya, menganalisis, memotret, dan
mengkonstruksi situasi sosial yang diteliti menjadi lebih jelas dan bermakna. Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan dua hal yaitu induktif dan deduktif. Dalam pengecekan keabsahan data dengan mengecek metode yang
digunakan untuk memperoleh data, mengecek kembali hasil laporan dan hasil interpretasi dan juga dilakukan triangulasi baik triangulasi dengan sumber metode
maupun teori. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, hukuman dalam pendidikan Islam adalah tindakan untuk merubah tingkah laku yang tidak sesuai dengan
aturan agar tidak kembali melakukan pelanggaran. Pendidik dianjurkan untuk mengenal akan perangai, tabi’at dan akhlak anak didiknya sebelum menjatuhkan hukuman. Kedua, penerapan hukuman di SMP Miftahurrohman pada siswa SMP dilaksanakan oleh badan pelaksana yang dibentuk oleh pihak sekolah meliputi guru kelas, wali kelas, kesiswaan, dan kepala sekolah, dan dicatat kedalam buku pelanggaran atau buku pembinaan milik kedisiplinan dan menandatangani besar
point yang di dapat dari pelanggaran yang dilakukan, setelah itu mendapat bentuk sanksi sesuai besar kecilnya pelanggaran kemudian dibina oleh badan pelaksana
pembinaan siswa, sehingga siswa tidak mengulangi perbuatannya lagi dan tidak melakukan bentuk pelanggaran lain. Ketiga, hukuman yang dilaksanakan di SMP
Miftahurrohman cukup baik dan mendidik, hanya saja yang dibutuhkan sikap pendidik atau pihak pelaksana hukuman sebaiknya membiasakan diri bersikap bersahabat dengan siswa yang melanggar, hal tersebut akan mendorong siswa untuk berubah dan menyadari bahwa pelanggaran yang dilakukannya adalah perbuatan yang salah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Husain Azies
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, Muhammad HusnurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pendidikan; Kedisiplinan; Hukuman; Stakeholder.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2015 08:35
Last Modified: 26 Feb 2015 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item