This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Ni'matur (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SKI DI MA DARUL ULUM WARU. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (550kB) | Preview |
Abstract
Dengan perkembangan pada saat ini, seorang guru harus bisa menerapkan model pembelajaran yang efektif, agar siswa tidak mengalami kejenuhan saat pembelajaran berlangsung. Sebagai upaya pengembangan dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif dan variatif, maka dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran. Adapun yang diterapkan di MA Darul Ulum Waru, sejauh ini proses pembelajaran SKI baru dilaksanakan sebatas menggunakan metode ceramah dan metode diskusi. Maka perlu diadakan model pembelajaran baru yaitu Think Pair Share agar siswa lebih memahami pelajaran dalam suasana yang lebih menyenangkan.Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana implementasi model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran SKI di MA Darul Ulum Waru, Bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran SKI di MA Darul Ulum Waru, Bagaimana implementasi model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran SKI di MA Darul Ulum Waru. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganalisis data tentang implementasi model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share dan hasil belajar siswa menggunakan rumus prosentase, sedangkan analisis terhadap implementasi model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan rumus product moment.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, implementasi model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share sudah cukup baik dalam penerapannya. Hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Darul Ulum Waru tergolong cukup terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa dari nilai pre-test yaitu 78,16 dan 79,35 kemudian meningkat pada rata-rata hasil belajar siswa dari nilai post-test yaitu 81,67 dan 83,37 di kelas. Dapat diperoleh bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran SKI di MA Darul Ulum Waru adalah cukup, karena terdapat nilai dari hasil product moment adalah 0,541.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Model pembelajaran; Think Pair Share | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rohmah Ni'matur | ||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2016 08:39 | ||||||
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:39 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11862 |
Actions (login required)
View Item |