This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rasidi, Rasidi (2013) MANAJEMEN KURIKULUM DI MTsN MODEL SUMBER BUNGUR PAMEKASAN : TELAAH KOMPARATIF ANTARA KURIKULUM PROGRAM REGULAR DAN AKSELERASI. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat. Pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia pada dasarnya adalah upaya mengembangkan potensi individu sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan optimal. Dalam pelaksanaan pendidikan ada dua istilah yang biasa kita jumpai yaitu regular dan akselerasi. Penyelenggaraan pendidikan secara reguler dilaksanakan selama ini lebih banyak bersifat massal, yang berorientasi secara kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Kelemahan yang secara tampak tidak terakomodasinya kebutuhan siswa yang relatif cepat daripada yang lain tidak terlayaninya secara baik sehingga potensi yang dimiliknya tidak tersalurkan dan berkembang secara optimal. Keadaan ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan luar biasa memerlukan program khusus agar potensi dirinya dapat berkembang secara optimal.
Permasalahan yang menjadi kajian tesis ini, pertama, bagaimana manajemen kurikulum program reguler dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan 3?. Kedua, bagaimana pengembangan kurikulum program regular dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan 3?.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif yang dimaksudkan untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena, serta mencari hakikat yang ada dan terjadi di lokasi penelitian.
Diketahui bahwa: Pertama, Manajemen kurikulum di MTsN Sumber Bungur Pamekasan 3 cukup baik mengingat adanya pembagian tugas yang telah diamanatkan terhadap masing-masing penanggung jawab yang profesional. Secara substansial, antara kelas regular dan akselerasi memiliki acuan yang sama tentang kurikulum yang digunakan, yakni kurikulum standar nasional, hanya saja pada kurikulum akselerasi menggunakan kurikulum differensiasi. Orientasi kurikulum ini lebih kepada pelayanan potensi siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata siswa reguler, atau istilah yang lebih populer dengan siswa berbakat/kecerdasan istimewa. Kedua, Kurikulum reguler dan akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan 3 dikembangkan berdsarkan kebutuhan siswa hanya saja disisi lain tetap perpedoman terhadap undang-undang pendidikan nasional. Pengembangan kurikulum tersebut dapat terlihat antara lain dari penambahan jam mata pelajaran pada kelas regular, dan percepatan pengusaan materi serta jenjang studi yang lebih cepat bagi siswa pada kelas akselerasi.
Dari hasil temuan disarankan bahwa dalam manajemen dan pengembangan kurikulum baik regular maupun akselerasi hendaknya mengikuti langkah yang profesional dengan memperhatikan berbagai komponen kurikulum dan melibatkan semua unsur/ stakeholders
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ridlwan Nashir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum Manajemen Pendidikan |
||||||
Keywords: | Manajemen; Kurikulum; Program Reguler; Akselerasi. | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2015 01:02 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2017 10:52 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1189 |
Actions (login required)
View Item |