This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholihah, Siti Kholifatus (2016) HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 RENGEL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (958kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Dengan perkembangan zaman pada saat ini, seorang pendidik harus biasa mengikuti perkembangan zaman dalam pembelajaran. Metode yang terdahulu seperti metode ceramah yang dilakukan oleh guru dirasa kurang efektif dalam proses pembelajaran.Menggunakan metode-metode yang tepat dan juga beragam, dengan menggunakan berbagai macam metode siswa juga dapat dengan mudah memahami pelajaran dan membuat siswa menjadi lebih aktif.memberikan metode yang sesuai dengan materi yang diberikan seingga lebih efektif dan efisien dalam menyampaikannya.Sebagai upaya pengembangan dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif dan variatif, maka dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran. Adapun yang diterapkan di SMP Negeri 2 Rengel, PAI baru dilaksanakan sebatas menggunakan metode yang lama belum begitu variatif. Maka perlu diterapkannya metode baru yaitu strategi pembelajaran berbasis masalah, agar peserta didik lebih memahami pelajaran dalam suasana yang lebih menyenangkan.Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaranPAI, Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, Bagaimana hubungan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Rengel.Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganalisis data tentang penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar siswa menggunakan rumus prosentase dan rata-rata nilai angket, sedangkan analisis hubungan stategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar menggunakan rumus product moment.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penggunaan strategi pebelajaran berbasis masalah sudah cukup baik dalam penerapannya, dan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII E dan VIII A di SMP Negeri 2 Rengel. Dapat diperoleh bahwa hubungan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar siswa adalah cukup, karena terdapat nilai dari hasil product moment adalah 0,565.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Strategi; motivasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Sholihah Siti Kholifatus | ||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2016 08:49 | ||||||
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11893 |
Actions (login required)
View Item |