This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Permatasari, Indah (2016) Proses Kognisi Siswa Kelas X dalam Mengkonstruksi Konjektur pada Masalah Generalisasi Pola. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika, siswa perlu membangun pengetahuan matematika melibatkan proses kognisi yang kompleks seperti mengenali, mengingat, memanggil kembali, dan menggunakan. Proses kognisi yaitu proses yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional. Setiap siswa memiliki proses kognisi yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada konjektur yang dikonstruksinya. Konjektur adalah sebuah proposisi yang dipradugakan sebagai hal yang nyata, benar, atau asli, sebagaian besarnya didasarkan pada landasan yang tidak konklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang terperinci mengenai proses kognisi siswa kelas X dalam mengkonstruksi konjektur pada masalah generalisasi pola. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Sidoarjo pada siswa kelas X. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa, subjek dipilih berdasarkan kemampuannya dalam mengkonstruksi konjektur dengan tepat. Pemilihan subjek tersebut dilakukan dengan memberikan tes generalisasi pola. Untuk memperoleh data penelitian, kedua subjek diwawancarai. Kemudian peneliti menguji kredibilitas dan kevalidan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah, aktivitas yang dilakukan kedua subjek cenderung sama yaitu membaca berulang dan memeriksa setiap kata pada soal. Pada tahap mengeksplorasi aktivitas yang dilakukan kedua subjek sama, namun keduanya menggunakan langkah berbeda. S1 menyelesaikan menggunakan polanya sendiri, sedangkan S2 menggunakan rumus. Pada tahap mengkonstruksi konjektur aktivitas yang mereka lakukan sama. Pada tahap mengargumentasi konjektur, kedua subjek memiliki aktivitas yang sama yaitu mencoba mensubstitusikan data pada rumus baru yang telah diperoleh kemudian membandingkan dengan gambar pola. Pada tahap membuktikan konjektur, kedua subjek memiliki aktivitas yang sama yaitu mencoba membuktikan menggunakan cara lain yang telah mereka dapatkan saat kegiatan belajar di kelas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Lisanul Uswah Sadieda | ||||||||
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||
Keywords: | Konjektur; generalisasi pola | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Permatasari Indah | ||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2016 07:24 | ||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2019 06:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12043 |
Actions (login required)
View Item |