This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Umam, Hibrul (2013) KONSEP PENDIDIKAN PRENATAL : STUDI KITAB TUHFAT AL-MAWDUD BI AHKAM AL-MAWLUD KARYA IBNU AL-QAYYIM AL-JAWZIYAH. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
|
Text
Bab 6.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Mendambakan sesuatu yang baik dan sempurna memerlukan adanya
proses yang cukup panjang untuk mewujudkannnya. Misalnya tumbuhan,untuk menjadikan tumbuhan itu tumbuh segar dan subur, maka tidak terlepas dari pemeliharaannya sejak awal yakni bermula dari memilih bibit, menanam, merawat, dan membesarkannya hingga kemudian dapat dipetik
hasilnya. Pendidikan prenatal masih sering dianggap hanya sebagai bentuk tradisi yang turun temurun, menjaga anak dalam kandungan sekedar merupakan kewajiban orang tua untuk mempunyai anak yang sehat dan lahir dengan sempurna, tidak cacat dan tidak keguguran. Sehingga pola gerak, tindak dan
pola makanan ibu saat mengandung lebih dijaga dan diperhatikan.
Bahkan ada keluarga di masyarakat yang menganggap itu bukan hanya tradisi tapi juga mitos (sangat sedikit yang memahami bahwa hal itu ada dasarnya dalam agama), sehingga ada anggapan bagi keluarga ibu hamil, tidak boleh berkata kotor, tidak boleh menyakiti manusia dan hewan karena akan
mempengaruhi janin yang sedang dikandung.
Penelitian tesis ini, mengacu pada konsep yang dipaparkan oleh Ibnu al-Qayyim dalam sebuah karyanya tuhfat al-mawdud bi ahkam mawlud Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui konsep pendidikan prenatal menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyah, 2) untuk mengatahui aspek-aspek yang mempengaruhi pendidikan prenatal menurut Ibnu Qayyim
al-Jauziyah, 3) mengetahui relevansi pendidikan prenatal dengan pendidikan Islam. Metode penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian library research yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan teknik analisis menggunakan content analysis (analisis isi).
Hasil dari penelitian tesis yang dilakukan adalah :
1) Konsep Pendidikan Prenatal meliputi: a) adanya fungsi pendengaran, penglihatan, dan hati sejak bayi dalam kandungan; 2) Aspek-aspek yang mempengaruhi pendidikan prenatal meliputi dua hal: a) aspek makanan, dan b) aspek
lingkungan; 3) Relevansi konsep pendidikan prenatal menurut Ibnu Qayyim al-jauziyah meliputi: a) relevansi pendidikan prenatal dengan pendidikan Islam, antara lain: adanya sebuah proses, pertumbuhan jasmani dan rohani, potensi dasar, perhatian internal dan eksternal terhadap peserta
didik dan berlandaskan al-Quran dan Hadits; b) relevansi pendidikan prenatal dan psikologi; antara lain menjaga aspek perasaan dan pikiran ibu hamil, serta pengaruh gen terhadap jenis kelamin dan keserupaan; dan c) relevansi konsep pendidikan prenatal dengan kedokteran; antara lain menjaga pola makanan dan kesehatan. Saran peneliti terhadap orang tua, para guru, dan masyarakat adalah hendaknya memperhatikan dan memberikan stimulus edukatif terhadap
bayi dalam kandungan dan memahami adanya hubungan yang sangat erat dalam ranah kognitif, psikomotorik dan afektif antara guru dengan murid
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abdul Kadir Riyadi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Anak | ||||||
Keywords: | Pendidikan Prenatal; Ibnu Qayyim Al-Jauziyah | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2015 12:05 | ||||||
Last Modified: | 01 Mar 2015 12:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1223 |
Actions (login required)
View Item |