This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qoniah, Siti (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI ALAT PERAGA TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS IV MI. BANI HASYIM LENGKONG CERME GRESIK, PTK 2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah karena dengan berkembangnya kebudayaan yang meliputi teknologi, perkembangan jumlah anak yang memerlukan pendidikan disertai dengan keinginan manusia untuk serba cepat dalam segala hal membawa pengaruh pula atas tugas dan peranan guru.
Oleh karena itu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran salah satunya adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran IPA.
Dari tujuan mata pelajaran IPA tersebut tampak bahwa siswa diarahkan untuk menguasai konsep-konsep ilmu IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi di lingkungan sekitarnya.
Berdasarkan uraian di atas, tentunya permasalahan yang dibahas dalam penelitan ini adalah siswa kelas IV MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep ilmu IPA. Adapun rumusam permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui alat peraga dapat merespon dan meningkatkan prestasi belajar IPA pada materi Tumbuhan di lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini jenis penelitian kualitatif. Penelitan ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus terdiri atas empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diambil dari siswa kelas IV MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik melalui pengamatan langsung ( jawaban dari pertanyaan yang terkait dengan materi. Setelah terkumpul kemudian data dianalisis, didiskripsikan dan disimpulkan.
Hasil penalitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran IPA melalui alat peraga Tumbuhan di lingkungan sekitar dapat merespon dan meningkatkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang tinggi dan memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil jawaban dari perolehan nilai siswa dari siklus ke-1 sampai siklus ke 2.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Maksum | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan > Media Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; IPA; Bagian-Bagian Tumbuhan; Alat Peraga; Lingkungan Sekitar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2015 02:56 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2015 02:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
View Item |