This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholkan, Ahmad (2014) PENINGKATAN KETRAMPILAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL DENGAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI NURUL HUDA SAWAHAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia pada sisawa kelas V MI Nurul Huda Sawahan Cerme Gresik menuntut perlunya perbaikan pembelajaran. Proses perbaikan pembelajaran dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan keterampilan berbicara dan prestrasi belajar siswa.berkomunikasi dengan pendekatan kontekstual dengan metode bermain peran dalam mata pelajaran bahasa indonesia .
Penelitian tindakkan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Dengan fokus penelitian pengaruh penggunakan pendekatan kontekstual terhadap keterampilan berkomunikasi dan prestasi belajar siswa.
Dari penelitian ini dapat diketahui pada pelaksanaan siklus I angka ketuntasan siswa ada 16 siswa (53,33%) dan siklus II angka ketuntasan siswa ada 25 ketuntasan siswa (83,33%).Peningkatan ini disebabkan penggunaan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kepustakaan.Pengumpulan data dengan menggunakan dukumentasi. interprestasi data menggunakan deskriptif analitif,data dianalisis dengan metode induktif, deduktif dan content analysis.
Dari analisis data diperoleh temuan dengan sebagai berikut, peningkatan keterampilan berkomunikasi dengan pendekatan kontekstual dengan metode bermain peran membawa dampak langsung, terhadap perjalanan historis manusia, baik positif, negatif maupun spekulatif. Dalam mengatasi masalah tersebut perlu memperhatikan dimensi kepribadian, kreatifitas, produktivitas dan spiritualitas.
Jadi PTK yang ditemukan dalam penelitian ini adalah metamodel peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa kelas V MI Nurul Huda harus dapat memadukan potensi, yaitu, naral dan hati nurani.
Kesimpulan dan penelitian ini adalah penggunakanpendekatan kontekstual dapat meningkatan keterampilan berbicara dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V MI Nurul Huda sawahan gresik tahun pelajaran 2014/2015.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M.Yunus Abu Bakar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Komunikasi |
||||||
Keywords: | Keterampilan Berkomunikasi; Pendekatan Kontekstual; Metode Bermain Peran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2015 03:18 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2015 03:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1228 |
Actions (login required)
View Item |