This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kholik, Abdul (2016) AUTHENTIC MATERIALS SELECTION IN HOSPITALITY PROGRAM AT STATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL (SMKN) 1 BUDURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Authentic Materials sangat bermanfaat bagi siswa sekolah menengah kejuruan untuk mengetahui penggunaan bahasa Inggris di dunia nyata dalam konteks yang nyata pula dan untuk menumbuhkan rasa ketertarikan siswa karena tidak ada buku ajar yang bisa ideal terhadap kelas-kelas tertentu (Brian, 2001) dan buku ajar untuk sekolah menengah kejuruan cenderung berbeda dan dibedakan dengan buku ajar pada umumnya (Alan, 1995). Memilih authentic materials dengan tepat dapat menjadikan siswa tertarik, termotivasi, dan kemungkinan menciptakan pembelajaran yang autentik. Authentic materials yang tepat dapat diperoleh melalui proses pemilihan yang hati-hati dengan mempertimbangkan beberapa kriteria. Oleh karena itu, dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yang perlu dijawab yaitu bentuk authentic materials apa yang digunakan oleh guru dan kriteria yang digunakan oleh guru untuk memilih authentic materials tersebut untuk digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris di jurusan akomodasi Perhotelan di SMKN 1 buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan naratif karena fokus dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi lebih jauh terkait pengalaman guru dalam menggunakan authentic materials yang digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris di jurusan akomodasi Perhotelan. Data dikumpulan melalui teknik dokumentasi dan wawancara menggunakan ceklist untuk dokumen analisis dan panduan interview sebagai instrument penelitian. Kemudian hasil dari penelitian ini disajikan secara naratif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan dua bentuk authentic materials yaitu authentic print materials seperti tagihan, struk pemesanan, simbol, gambar, dll. dan authentic auditory materials seperti vidio, lagu, dll. Dalam memilih authentic materials tersebut, guru mempertimbangkan empat kriteria, yaitu: 1) authentic materials harus sesuai dengan kompetensi dasar dan kebutuhan siswa, 2) authentic materials harus menarik, 3) authentic materials harus dapat dimengerti, dan 4) authentic materials harus yang terbaru atau tidak terlihat usang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Inggris | ||||||
Keywords: | Authentic Materials Selection; Hospitality Program | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Kholik Abdul | ||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2016 01:16 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2017 02:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12448 |
Actions (login required)
View Item |