This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufarrichah, Ni'matul (2016) Peningkatan pemahaman dengan strategi Circuit Learning mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III MI Al-Hikmah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Kelas III MI Al-Hikmah Sidoarjo merupakan kelas dengan jumlah siswa yang banyak, pembelajaran dikelas kurang kondusif, dan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi IPS khususnya materi jenis-jenis pekerjaan. Dari hasil pretes pada 43 siswa terdapat 18 siswa yang hasil belajarnya mencapai nilai KKM, sehingga persentase ketuntasan yaitu 41,9%. Maka dari itu, untuk meningkatkan pemahaman siswa materi jenis-jenis pekerjaan, peneliti mengambil tindakan pembelajaran menggunakan strategi circuit learning. Circuit learning merupakan strategi pembelajaran yang memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola penambahan dan pengulang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana penerapan Strategi Circuit Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi jenis-jenis pekerjaan kelas III MI Al-Hikmah Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman belajar siswa kelas III MI Al-Hikmah Sidoarjo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Jenis-jenis pekerjaan melalui Strategi Circuit Learning? Model penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kolaboratif antara kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan meningkatkan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Al-Hikmah Sidoarjo. Adapun teknis pengumpulan data dalam penelitan meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi circuit learning berjalan dengan baik melalui perbaikan pada setiap siklus. Terdapat peningkatan aktivitas guru dari siklus I nilai 78 dengan kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II dengan nilai 90, dan peningkatan aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 67 dengan kategori kurang menjadi kategori baik dengan perolehan nilai 81 pada siklus II. (2) pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas sebesar 71,2 dengan persentase ketuntasan 62,8%% pada siklus I, mengalami peningkatan pada siklus II pada nilai rata-rata kelas sebesar 80,4 dengan persentase ketuntasan 81,4% dengan kategori baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||
Keywords: | Pemahaman Materi Jenis-Jenis Pekerjaan; IPS; Startegi Circuit Learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nadliroh Ainun | ||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 07:32 | ||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2019 06:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12499 |
Actions (login required)
View Item |