This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mahmudiyah, Nur (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR YANG DIPADUKAN DENGAN METODE RECOLLECTION SMART TEACHING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir yang dipadukan dengan metode Recollection Smart Teaching untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa pada sub sub materi perkalian dan pemfaktoran suku aljabar.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP BUANA Waru Sidoarjo yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII-E. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain RPP, Buku Ajar, dan LKS. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develope). Penelitian dilakukan dengan desain One Shot Case atau dengan kata lain hanya melakukan satu kali tes. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang telah dilatihkan selama penelitian. Penelitian dilakukan dalam empat kali tatap muka dengan rincian tiga kali pertemuan dengan pemberian materi dan satu kali pertemuan untuk Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (TKBKS). Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 2 September 2013 sampai 11 September 2013.
Berdasarkan analisis data uji coba, hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang berupa RPP, buku ajar, dan LKS dikatakan valid dan memiliki nilai kevalidan masing-masing 3,13, 3,17 , dan 3,27. Sedangkan kepraktisan perangkat pembelajaran baik RPP, buku ajar maupun LKS, masing-masing dikatakan praktis dan dapat digunakan dengan sedikit revisi dengan nilai 3. Hasil pengamatan selama penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama mengelola pembelajaran matematika dengan model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir yang dipadukan dengan metode Recollection Smart Teaching untuk melatihkan berpikir kritis siswa dalam kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dalam kategori positif. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang dilatihkan selama tiga kali pertemuan menghasilkan tiga level, yaitu siswa berlevel kritis, siswa berlevel cukup kritis, dan siswa berlevel tidak kritis. Sedangkan hasil respon siswa ditunjukkan dalam kategori positif dengan nilai respon positif siswa lebih dari .
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Peningkatan; Kemampuan Berpikir Kritis; Metode Recollection Smart Teaching | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2015 02:08 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2015 02:08 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1250 |
Actions (login required)
View Item |