This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Umam, Rofi’ul (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DAN PENGUKURAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI. TARBIYATUL ATHFAL BANGERAN KEC. DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tarbiyatul Athfal Desa Bangeran Kec. Dukun Kab. Gresik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah geometri dan pengukuran siswa kelas V.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada masalah geometri dan pengukuran dan penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Dengan rumusan masalah : 1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah geometri dan pengukuran mata pelajaran matematika pada siswa kelas V MI. Tarbiyatul Athfal Bangeran Kec. Dukun Gresik?, 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah geometri dan pengukuran mata pelajaran matematika pada siswa kelas V MI. Tarbiyatul Athfal Bangeran Kec. Dukun Gresik?
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Desa Bangeran Kec. Dukun Kab. Gresik Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 25 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah geometri dan pengukuran mata pelajaran matematika kelas V MI Tarbiyatul Athfal Desa Bangeran Kec. Dukun Kab. Gresik.
Adapun peningkatannya adalah dari 25 siswa dengan KKM 65, pada saat tes awal nilai rata-rata 58,60 dengan 12 siswa mencapai KKM / tuntas (48,00%) dan 13 siswa belum mencapai KKM / belum tuntas (52,00%). Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 66,60 dengan 14 siswa mencapai KKM / tuntas (56,00%) dan 11 siswa belum mencapai KKM / belum tuntas (44,00%). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,60 dengan 21 siswa mencapai KKM / tuntas (84,00%) dan 4 siswa belum mencapai KKM / belum tuntas (16,00%).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Moh. Faizin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Masalah Geometri; Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2015 02:40 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2015 02:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1256 |
Actions (login required)
View Item |