This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ummatin, Utsna Khoiro (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NU AT-THOHIRIYAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (826kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan bercerita siswa kelas III SD NU At-Thohiriyah Gresik pada pelajaran Bahasa Indonesia. Bercerita dalam pengajaran Bahasa Indonesia merupakan satu keterampilan yang sangat penting karena sangat erat kaitannya dengan empat keterampilan dalam berbahasa. Bercerita menurut siswa adalah kegiatan yang sulit. Keterampilan bercerita siswa yang rendah memberikan dampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan suasana pembelajaran yang monoton dan membosankan. Untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa, penulis mengambil tindakan pembelajaran dengan menggunakan media Pop Up Book.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah꞉ (1) Bagaimana penggunaan media Pop Up Book pada keterampilan bercerita siswa kelas III SD NU At-Thohiriyah Gresik? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan bercerita siswa dengan menggunakan media Pop Up Book kelas III SD NU At-Thohoriyah Gresik?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD NU At-Thohiriyah Gresik dengan mengunakan media Pop Up Book. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus dan berkolaborasi antara guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan peneliti. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi꞉ perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD NU At-Thohiriyah yang berjumlah 24 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner siswa, dokumentasi dan non tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran keterampilan bercerita materi pengalaman pribadi dengan menggunakan media Pop Up Book dapat meningkatkan keterampilan bercerita yang terlihat pada meningkatnya aktivitas siswa yakni dari 69,04 pada siklus I dan 78,08 pada siklus II. Serta meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat pada peningkatan nilai rata-rata kelas selama performan keterampilan bercerita yakni 65,83 dengan ketuntasan belajar siswa 41,66% (kurang) dengan jumlah 10 siswa tuntas dan 14 siswa tidak tuntas pada siklus I dan 84,58 dengan ketuntasan belajar siswa 79,16% (baik) dengan jumlah 19 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Keterampilan Pendidikan > Media |
||||||
Keywords: | Keterampilan Bercerita; Media Pop Up Book | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Aniswatin Aniswatin | ||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2016 02:54 | ||||||
Last Modified: | 26 Aug 2016 02:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12560 |
Actions (login required)
View Item |