Profil pemahaman konsep pada pembelajaran matematika mengunakan metode ekspositori dengan bantuan media flash

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asmudik, Asmudik (2016) Profil pemahaman konsep pada pembelajaran matematika mengunakan metode ekspositori dengan bantuan media flash. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya pemahaman konsep siswa. Penyebab rendahnya pemahaman konsep adalah dari siswa sendiri maupun dari metode yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa dapat dilakukan dengan metode ekspositori yaitu pemberian contoh-contoh latihan soal kepada siswa. Disisi lain diperlukan media flash agar pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ekspositori dengan bantuan media flash. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dari siswa kelas II SD Khazanah Ilmu Sidoarjo yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru terkait kemampuan komunikasi siswa berjumlah 3 orang. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan wawancara. Tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep menurut NCTM, yaitu mendefinisikan konsep secara verbal dan tulisan, mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh, mendefinisikan konsep secara verbal dan tulisan, mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh, menggunakan model, diagram dan simbol-simbol untuk mempresentasikan suatu konsep, mengubah suatu bentuk representasi ke bentuk lainnya, mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep, mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat yang menentukan suatu konsep, membandingkan dan membedakan konsep-konsep. Setelah dilakukan deskripsi dan analisis data, didapatkan hasil sebagai berikut: Kemampuan pemahaman konsep subjek pada pembelajaran matematika mengunakan metode ekspositori dengan bantuan media flash dikategorikan cukup

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asmudik, Asmudikasmanatu29@gmail.comD74211055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Keywords: Metode ekspositori; Media Flash
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ASMUDIK ASMUDIK
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:55
Last Modified: 29 Jan 2020 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item