PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PERMAINAN JEOPARDY MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III A MI DARUSSALAM PAGESANGAN-SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiq, Mochammat (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PERMAINAN JEOPARDY MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III A MI DARUSSALAM PAGESANGAN-SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

. Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa rumusan masalah antara lain: Bagaimanakah penerapan strategi permainan jeopardy mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III A MI Darussalam PagesanganSurabaya? Serta Bagaimana peningkatan keterampilan sosial dengan strategi permainan jeopardy mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa
kelas III A MI Darussalam Pagesangan-Surabaya?. Berawal dari masalah tersebut maka penelitian bertujuan :Untuk mengetahui pelaksanaan strategi permainan jeopardy mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III A MI Darussalam Pagesangan-Surabaya dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dengan strategi permainan jeopardy mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III A MI Darussalam Pagesangan-Surabaya. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang menyatakan dalam satu siklus terdapat empat langkah pokok, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu wawancara dengan guru dan siswa;
observasi/pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan sosial di kelas; dan tes. Data yang dianalisis adalah data yang berhubungan dengan keterampilan sosial siswa. Peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif
dan analisis data kuantitatif. Dari perhitungan dengan menggunakan teknik ini diperoleh hasil yaitu: (1)
Penerapan strategi permainan jeopardy mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III A MI Darussalam Pagesangan-Surabaya, dapat dilihat pada peningkatan aktivitas guru siklus I sebesar 83,06 (Sangat Baik) menjadi 89,51 (Sangat Baik) pada siklus II dan aktivitas siswa siklus I sebesar 73,68 (Baik) menjadi 88,23 (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Adanya peningkatan keterampilan sosial dengan menggunakan strategi permainan jeopardy mata pelajaran IPS kelas III A MI Darussalam Pagesangan-Surabaya, dapat dilihat pada peningkatan hasil pengamatan keterampilan sosial di kelas siklus I sebesar 67,70 (Baik) menjadi 79,08 (Sangat Baik) pada siklus II dan nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 68,27 (Baik) menjadi 79,58 (Baik) pada siklus II serta persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 62% (Tinggi) menjadi 76% (Tinggi) pada siklus II

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiq, MochammatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Keterampilan Sosial; Strategi Permainan Jeopardy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Taufiq Mochammat
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:42
Last Modified: 25 Aug 2016 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item