Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Konflik Kognitif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafika, Riris (2016) Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Konflik Kognitif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP bagi siswa kelas VIII sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran di SMPN 26 Surabaya. Pengembangan ini untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran tentang materi lingkaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada Desain Instruksional dengan Model Pengembangan Instruksional (MPI). Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian adalah RPP untuk siswa kelas VIII dengan materi lingkaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli, dan tes.Validasi ahli digunakan untuk mengetahui perangkat pembelajaran valid dan praktis, dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan konflik kognitif dalam meningkatkan hasil belajar membantu siswa memahami materi lingkaran. Hal ini dapat dilihat pada (1) hasil validasi ahli yang divalidasi oleh 3 orang ahli mendapatkan rata-rata dengan kriteriabaik; (2) hasil kepraktisan perangkat pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata nilai B yang berarti perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi; (3) hasil keefektifan perangkat pembelajan dinilai dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebelum dan sesudah pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafika, Ririsririsrafika@ymail.com04211014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Konflik Kognitif; Desain Pembelajaran Instruksional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jannah Riris Rafika Syafinatul
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:08
Last Modified: 25 Feb 2020 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item