PENGARUH EXPERIENTIAL FAMILY THERAPY MELALUI PERHATIAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI TPQ MU'AYYAD JEMUR WONOSARI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Umrotun (2016) PENGARUH EXPERIENTIAL FAMILY THERAPY MELALUI PERHATIAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI TPQ MU'AYYAD JEMUR WONOSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh experiential family therapy melalui perhatian orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak di TPQ Mu’ayyad Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya, serta sejauh mana pengaruh experiential family therapy melalui perhatian orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak di TPQ Mu’ayyad Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya.
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berfungsi untuk mengungkap data dan fakta menganai pengaruh experiential family therapy melalui perhatian orang tua untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak di TPQ Mu’ayyad Jemur Wonosari Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket sebagai teknik pengumpulan data dengan dua variabel. Adapun indikator dari variabel experiential family therapy melalui perhatian orang tua adalah memberikan pendidikan dan bimbingan, memberikan nasihat, memberikan motivasi dan penghargaan, memenuhi kebutuhan anak dan pengawasan. Sedangkan indikator variabel kecerdasan emosi adalah kemampuan mengenali emosinya sendiri, kemampuan mengontrol emosi, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengenali emosi orang lain, kemampuan melakukan interaksi dengan orang lain. Proses konseling experiential family therapy yang digunakan adalah dengan meminta bantuan orang tua untuk menerapkan beberapa perlakuan sebagai bentuk perhatian mereka terhadap anak agar tercapai peningkatan kecerdasan emosi.
Subyek dari penelitian ini adalah santri usia 9-12 tahun di TPQ Mu’ayyad Jemur Wonosari Surabaya yang memiliki kecerdasan emosi rendah. Adapun pengujiannya menggunakan rumus product moment. Dengan melihat hasil uji menunjukkan bahwa nilai korelasi lebih besar dari nilai sig, yang bernilai sangat kuat yaitu 0,994. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh experiential family therapy melalui perhatian orang tua untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak di TPQ Mu’ayyad Jemur Wonosari Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, UmrotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Experiential Family Therapy,; Perhatian orang tua; kecerdasan emosi
Depositing User: Khasanah Umrotun
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:57
Last Modified: 26 Aug 2016 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12891

Actions (login required)

View Item View Item