This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Agustina, Novita (2016) Pola komunikasi antarbudaya pada siswa di sekolah menengah atas (SMA) Barunawati Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana pola komunikasi antar budaya yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Barunawati yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan komunikasi antar budaya yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Barunawati yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda.Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berguna untuk memberikan fakta dan data tentang Pola Komunikasi Antarbudaya Pada Siswa Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Barunawati Surabaya. Penelitian disini menggunakan teori Interaksi Simbolik yang berguna untuk mempertegas dan sebagai penguat fenomena yang digunakan dalam penelitian ini.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Pola komunikasi antarbudaya dilakukan oleh siswa-siswi SMA Barunawati Surabaya yang berlatar belakang kebudayaan berbeda ini berupa : pola komunikasi antarbudaya simbolik dan pola komunikasi antarbudaya langsung (2) Faktor pendukung yang terdapat pada proses komunikasi antarbudaya ini adalah adanya ketertarikan saat berkomunikasi, kemampuan berkomunikasi, sikap saling percaya, sikap ramah dan sopan santun, kemampuan beradaptasi, kejelasan informasi, bahasa dan lambang. Sedangkan faktor penghambat komunikasi anntarbudaya ini adalah watak indovidu, persepsi pelaku komunikasi, pengaruh budaya lain, perbedaan bahasa.Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukuka komunikasi antarbudaya adalah ketika kita ingin melakukan suatu kegiatan komunikasi antarbudaya, ada baiknya terlebih dahulu kita memahami bagaimana komunikasi antarbudaya tersebut. Kita hendaknya memahami hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi antarbudaya, fungsinya yaitu agar kita bisa melaksanakan kegiatan komunikasi antarbudaya tersebut secara lancar dan efektif sehingga dapat meminimalisir adanya konflik yang timbul akibat perbedaan kebudayaan dan etnis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||||
Keywords: | Pola Komunikasi Antarbudaya; Siswa SMA Barunawati Surabaya. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Agustina Novita | ||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 07:08 | ||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:17 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12991 |
Actions (login required)
View Item |