This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Razaq, Fathur (2016) AL MAF'UL AL MUTLAQ WA AGHRAADHUHU FI KITAB AT TA'LIM AL MUTA'ALIM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (852kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (559kB) | Preview |
Abstract
Ilmu Nahwu menjadi salah satu diantara ilmu bahasa yang ada di dalam al-qur’an, Hadist dan kitab-kitab arab lainnya. Istilah modern untuk menyebut kajian ini adalah sintaksis bahasa. Nahwu adalah kaidah-kaidah bahasa arab untuk mengetahui bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih satu kata (mufrod) atau ketika sudah tersusun (murokkab). Termasuk di dalamnya adalah pembahasan shorof. Dalam ilmu nahwu ada pembagian. Disini peneliti meneliti tentang maf’ul mutlaq, maf’ul mutlaq adalah masdar yang secara lafadz jatuh setelah fiilnya dan menguatkan fiilnya, menjelaskan bilangannya, menjelaskan jenisnya atau mengganti fiilnya dengan bentuk lafadz. Penambahan dalam suatu kata kerja memiliki tujuan tertentu sehingga dapat memunculkan makna baru yang disebut dengan tujuan fungsi. Namun, makna baru yang ada harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya. Kitab Ta’lim al-Muta’llim adalah salah satu kitab klasik dengan tulisan bahasa arab yang dikarang oleh az zarnuji kurang lebih pada abad 6 hijriah. Yaitu zaman kemerosotan dan kemunduran daulah bani abbasiyah atau periode kedua dinasti abbasiyahsekitar thn 296-656 H. Kitab ini diangkat kepermukaan karena asumsi penulis bahwa pertama, kitab ini telah memasyarakat pada dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan pesantren, kedua, ajaran-ajarannya secara filosufis bersesuaian dengan ruh pendidikan Islam, dan ketiga, semakin pudarnya nilai-nilai Islam dalam praktek pendidikan Islam ,Nilai-nilai adab dalam kitab ini bisa menjadi solusi yang tepat dalam model pendidikan karakter. Bahwa, pendidikan karakter itu harus berorientasi pada nilai adab. Pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim memiliki nuansa pendidikan ruhiyah yang mengedepankan etika rabbaniyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif (untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini). Metode yang dugunakan dalam mengumpulkan data-data yaitu metode dokumentasi dengan mencari data-data yang ada pada kitab Ta’lim Muta’alim berupa hadist dan beberapa pernyataan para ulama yang mengandung maf’ul mutlaq serta menjelaskan tujuan dari maf’ul mutlak tersebut. sumber data dalam penelitian ini selain kitab Ta’lim Muta’alim juga buku-buku bahasa arab yang memiliki hubungan dengan judul ini. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah macam-macam maf’ul mutlaq dan tujuan dari maf’ul mutlaq yang terdapat dalam kitab Ta’lim Muta’alim yaitu: Adapun macam-macam maf’ul mutlaq yaitu: 1. Maf’ul mutlaq atau masdar lafdhi: 17 hadist/qaul. Sedangkan tujuan-tujuan maf’ul mutlaq yaitu: 1. Makna li-taukidhi’hi: 10 hadits/qaul. 2. Makna li-bayani nau’ihi:7 hadist/qaul.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||
Keywords: | Nahwu; bahasa arab; sastra arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab | ||||||
Depositing User: | Razaq Fathur | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:24 | ||||||
Last Modified: | 08 Jul 2017 16:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13022 |
Actions (login required)
View Item |