This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Subhan, Subhan (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL FATTAH I BANYUURIP UJUNGPANGKAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V MI Al-Fattah I Banyuurip Kecamatan Ujungkah. Pengambengan tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 14 siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 9 Perempuan. Tindakan yang menggunakan Metode bermain Peran pada Bidang studi PKn Kelas V MI Al-Fattah I
Banyuurip Ujungpangkah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan program perbaikan pembelajaran, diperoleh hasil bahwa pada tindakan prasiklus nilai rata – rata kelas adalah 68 atau 43%, pada tindakan siklus I jadi meningkat yaitu 69% atau menjadi 12 siswa atau nilai rata-rata 73. pada tindakan siklus II meningkat menjadi 13 siswa atau 96% nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 78,1 Dari aspek jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran, pada kegiatan pembelajaran normal, jumlah siswa yang tuntas berjumlah 12 orang. Pada tindakan siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 orang, pada tindakan siklus II. Dan peneliti tidak melanjutkan ke siklus III karena peneliti sudah menganggap berhasil meningkat dan tuntas 96%pada siklus II, tuntas dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar terhadap mata pelajaran PKn dengan materi menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia di siswa kelas V MI Al-Fattah I Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah dengan menggunakan Metode Bermain Peran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mudlofir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Bermain Peran; PKn | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2015 01:45 | ||||||
Last Modified: | 05 Mar 2015 01:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1305 |
Actions (login required)
View Item |