This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ainiyah, Aimatul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI AL-FATTAH 1 BANYUURIP UJUNGPANGKAH GRESIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas Peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA. Karena penyampaian materi pelajaran kurang menarik, dan tidak bervariasi ketika menggunakan metode pembelajaran. Hasil yang diperoleh Peserta didik kurang optimal, tanggapan Peserta didik terhadap pelajaran kurang baik. Penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada pembelajaran IPA di MI Al-Fattah 1 Banyuurip Ujungpangkah Gresik. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik dalam pembelajaran IPA di Kelas V MI Al-Fattah 1 Banyuurip Ujungpangkah Gresik melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. Selain itu, untuk mngetahui respons yang ditunjukkan Peserta didik pada proses pembelajaran serta untuk mengetahui hasil belajar dari pembelajaran IPA. Dengan demikian diharapkan terjadi penigkatan pada proses dan hasil yang dicapai pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan obyek penelitian sebanyak 15 orang. Penelitian ini melalui 3 Siklus dengan langkah-langkah: 1) membuat pelaksanaan; 2) observasi; 3) analisis; 4) refleksi. Berdasarkan dari deskripsi awal pembelajaran sebelum pelaksanaan tindakan didapat hal-hal sebagai berikut: 1) Kebanyakan Peserta didik cenderung pendiam (kurang aktif); 2) Peserta didik jarang terlihat berkomunikasi baik dengan temannya ataupun dengan guru; 3) Peserta didik hanya mendengarkan saja; 4) Kurang adanya kegiatan yang menuntut praktek Peserta didik; 5) Hasil belajar yang diperoleh Peserta didik dalam pembelajaran secara klasikal dibawah 60% dari batas ketuntasan belajar minimal (KKM). Dari hasil penelitian siklus I, nilai dibawah KKM adalah 8 anak (53,33%), pada Siklus II, nilai di bawah KKM adalah 6 anak (40%), dan pada siklus III, nilai dibawah KKM adalah 2 anak (13,33%). Hal ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Peserta didik yang signifikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Syamsuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Peserta Didik; Model Pembelajaran IPA; Cooperatif Learning Tipe Jigsaw | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2015 02:10 | ||||||
Last Modified: | 05 Mar 2015 02:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
View Item |