The evaluation of sharia marketing implementation at Muamalat Bank branch Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Ahmad Habib (2016) The evaluation of sharia marketing implementation at Muamalat Bank branch Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul "Evaluasi Implementasi Marketing Syariah Pada Bank Muamalat Cabang Surabaya" ini adalah hasil dari penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah ada kesenjangan atau tidak antara konsep ideal marketing syariah dengan praktek di Muamalat cabang bank Surabaya dan untuk menganalisis dimensi apakah penyebab kesenjangan antara praktek dengan teori.Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, untuk menganalisis perbedaan antara dua objek menggunakan uji-t berpasangan. Metode yang digunakan adalah metode survey, dimana dalam penelitian ini, peneliti memilih sejumlah responden yakni staf marketing sebagai sampel dan memberi mereka kuisioner. Pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara dengan informan yakni karyawan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. cabang Surabaya.Hasil yang diperoleh adalah perbedaan yang signifikan antara konsep ideal marketing syariah dengan praktik pemasaran di Bank Muamalat Cabang Surabaya. Perbedaan ini berasal dari hasil t-test berpasangan dimana skor praktek yang diambil dari staf pemasaran Bank Muamalat melalui kuesioner. Dan dalam hal ini, dimensi humanistik (Insãniyyah) adalah dimensi dengan skor terendah dibandingkan dengan konsep ideal marketing syariah. Dimensi ini mencakup sifat seorang marketer syariah yang tidak diskriminatif kepada pelanggan dengan status sosial mereka, ras atau etnis. Kemudian di urutan berikutnya adalah dimensi yang realistis (waqiyyah) pada tingkat kedua dari kesenjangan antara teori dan praktek. Dimensi ini meliputi sikap seorang marketer syariah yang fleksibel, profesional, mahir dan ahli di bidang pemasaran.Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa para staf pemasaran Bank Muamalat Cabang Surabaya masih perlu meningkatkan kompetensi untuk bertahan serta bersaing di setiap pasar dan kondisi bisnis yang berubah-ubah. Selanjutnya, untuk Bank Muamalat Cabang Surabaya, terutama para staff pemasaran agar mempertahankan kinerja mereka dalam prinsip-prinsip pemasaran syariah dan meningkatkan kompetensi mereka dalam hal pemasaran sehingga membuat Bank Muamalat menjadi beyond bank serta menjadi solusi ekonomi untuk umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, Ahmad Habibhabibmustofa72@gmail.comC04212002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: marketing syariah; insãniyyah; waqiyyah; rabbaniyyah, akhlāqiyyah.
Depositing User: Mustofa Ahmad Habib
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:49
Last Modified: 17 Dec 2019 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13172

Actions (login required)

View Item View Item