This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
A’yun, Qurrotul (2014) EVALUASI PEMBELAJARAN HAFALAN ALFIYAH DI PONDOK PESANTREN AL MA’RUF BANDAR LOR KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Evaluasi Pembelajaran Hafalan Alfiyah di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana konsep evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Bandar Lor Kediri dan bagaimana pelaksanaan evaluasi hafalan nadzam Alfiyyah di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai konsep evaluasi pembelajaran, teknik evaluasi, serta implementasi pembelajaran hafalan, khususnya hafalan nadzam Alfiyyah di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri, karena dalam mengomunikasikan ilmu pengetahuan agar berjalan secara efektif perlu menerapkan berbagai metode mengajar sesuai dengan tujuan situasi dan kondisi yang ada guna meningkatkan pembelajaran dengan baik.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan sebenarnya.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Bandar Lor Kediri adalah guru melaksanakan sidang sebelum pelaksanaan imtihan. Sistem evaluasi di Pondok Pesantren Al Ma’ruf diantaranya perencanaan yang meliputi waktu, serta instrument penilaian yang digunakan, namun tidak terdapat nilai ukur yang jelas yang dapat digunakan sebagai standar dalam pengevaluasian keberhasilan dan kegagalan peserta didik, dan belum ditemukan bentuk perencanaan evaluasi yang dibuat yaitu kisi-kisi soal yang merupakan acuan bagi penyusun instrumen sehingga test yang digunakan disusun berdasarkan pokok bahasan atau sub pokok bahasan. Sedangkan hasil dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran hafalan Alfiyyah sudah terbilang berhasil dalam pembelajaran Alfiyyah Ibnu Malik dengan kriteria penilaian yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana imtihan, yang mana hasil prosentase yang diperoleh itu selanjutnya dapat digunakan sebagai tolak ukur ketuntasan santri dalam evaluasi, serta memperbaiki cara belajar santri
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A. Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Evaluasi Pembelajaran; Hafalan Alfiyah; Pondok Pesantren | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2015 03:56 | ||||||
Last Modified: | 05 Mar 2015 03:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1319 |
Actions (login required)
View Item |