A STUDY OF FORMATIVE ASSESSMENT UNDER THE 2013 CURRICULUM AT SMP WACHID HASYIM 7 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahari Rizki, Aris (2014) A STUDY OF FORMATIVE ASSESSMENT UNDER THE 2013 CURRICULUM AT SMP WACHID HASYIM 7 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan atau tantangan dan peluang dari adanya konsep penilaian format yang dihadapi guru bahasa Inggris di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya yang sudah menikuti pelatihan di kurikulum 2013 dan telah menerapkan kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 telah dilaksanakan sejak 2013 namun masih banyak guru yang mengalami kebingungan tentang cara penilaian, sedangkan penilaian adalah komponen yang paling penting dalam pendidikan. Penelitian ini berisi dua pernyataan masalah, Yaitu; apa saja tantangan dan peluang dari penilaian formatif di bawah kurikulum 2013?, dan bagaimana guru SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya menerapkan penilaian formatif di bawah kurikulum 2013 dalam menanggapi tantangan dan peluang tersebut?. Dalam kurikulum 2013, ada empat cara penilaian yang dianggap sebagai penilaian formatif; kinerja siswa, observasi, portofolio, dan diri dan penilaian sejawat, tapi penelitian ini difokuskan pada penilaian diri.
Dengan kata lain Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
Penilitian ini menerapkan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara guru, wawancara siswa, dan observasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru menghadapi tantangan dan mendapat peluang penilaian formatif. Tantangan tersebut bertujuan terhadap adanya penilaian, komitmen sumber daya, persiapan dalam penilaian, keandalan dan validitas penilaian, investasi pertimbangan waktu, mendefinisikan tugas jelas, dan dorongan evaluasi tentang kinerja atau kemampuan. Selain itu, kesulitan yang dihadapi siswa menjadi diri dapat diatasi pelajar, mahasiswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka, dan usaha siswa dapat membuat perbaikan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hilda Izzati Madjid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahari Rizki, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Formative Assessment; Kurikulum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2015 04:38
Last Modified: 05 Mar 2015 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item