This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Musyrifah, Chilmiyyatul (2016) Pengaruh metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam meningkatkan self regulation siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya dalam meningkatkan self regulation siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi experiment dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur (skala) yang digunakan adalah skala self regulation yang diadaptasi dari skala Lailiyah (2015). Teknik analisis data menggunakan Paired samples t test. Reliabilitas skala self regulation sebesar 618 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Pemberian treatment dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan self regulation siswa. Hal ini dilihat dari perbandingan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan. Dari hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil uji paired samples t-test dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, karena lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan nilai rata-rata perolehan kelompok Eksperimen sebesar 2.732501 lebih besar dari nilai rata-rata perolehan kelompok kontrol sebesar 0.52500, artinya terdapat perbedaan self regulation antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh antara metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam meningkatkan self regulation siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Psikologi Psikologi Belajar Psikologi > Self Regulated Learning |
||||||||
Keywords: | Metode Tutor Sebaya; Self Regulation Siswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Musyrifah Chilmiyyatul | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:00 | ||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2019 08:35 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13300 |
Actions (login required)
View Item |