This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hariyanti, Qurrota Aýunin (2016) Peningkatan Pemahaman Materi Sumber Daya Alam Melalui Media Audio Visual Berbasis Macromedia Flash pada Siswa Kelas IV-B Mi Sunan Giri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (982kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPA kelas IV-B MI Sunan Giri Surabaya menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi sumber daya alam termasuk dalam kategori rendah (sangat tidak baik), dibuktikan dengan nilai hasil pra siklus dari 14 siswa kelas IV-B hanya 28,57% yang tuntas dalam tes pemahaman siswa. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran IPA, penyebabnya adalah kurangnya minat membaca siswa secara manual sehingga banyak diantara mereka yang tidak paham dan kurang teliti dalam mengerjakan soal-soal, serta tidak adanya media pembelajaran saat kegiatan belajar mengajar. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui media audio visual berbasis macromedia flash. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan media audio visual berbasis macromedia flash dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sumber daya alam pada siswa kelas IV-B MI Sunan Giri Surabaya, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sumber daya alam melalui media audio visual berbasis macromedia flash pada siswa kelas IV-B MI Sunan Giri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) Tindakan (action), 3) Pengamatan (observation), dan 4) Refleksi (reflection). Subjek penelitian yakni siswa kelas IV-B MI Sunan Giri Surabaya tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 14 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis menggunakan butir soal uraian tes pemahaman siswa, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa sebelum dan sesudah tindakan, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan media audio visual berbasis macromedia flash dalam meningkatkan pemahaman materi sumber daya alam pada siswa kelas IV-B MI Sunan Giri Surabaya sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat nilai 61,71 dan meningkat pada siklus II menjadi 79,68. Sedangkan, nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62 menjadi 76 pada sikus II. 2) Tingkat pemahaman materi sumber daya alam melalui media audio visual berbasis macromedia flash pada siswa kelas IV-B MI Sunan Giri Surabaya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 65,64, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 70,42 dan pada siklus II menjadi 90,78. Persentase ketuntasan belajar pra siklus yakni 28,57% dan mengalami peningkatan sebesar 35,71% menjadi 64,28% pada siklus I. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 21,43% menjadi 85,71% dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||
Keywords: | Pemahaman; Media Audio Visual; Macromedia Flash | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Hariyanti Qurrota A'yunin | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:15 | ||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2019 07:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13308 |
Actions (login required)
View Item |