PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEROLEHAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) SISWA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN PUTAT LOR - MENGANTI - GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlisin, Mukhlisin (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEROLEHAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) SISWA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN PUTAT LOR - MENGANTI - GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasil belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang, diambil tindakan pembelajaran melalui Model Perolehan Konsep (Concept Attainment) yang dilakukan dalam 2 siklus.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan model perolehan konsep (concept attainment) di kelas V MI Roudlotul Muta'allimin Putat Lor - Menganti - Gresik? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi bangun ruang melalui model perolehan konsep (concept attainment) di kelas V MI Roudlotul Muta'allimin Putat Lor - Menganti - Gresik?.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes menggunakan kisi-kisi dan butir-butir soal tes. Validasi yang digunakan pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji validitas isi. Validitas isi dilakukan oleh Expert Judgment.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut : (1) Penerapan model perolehan konsep (concept attainment) pada siswa kelas V MI Roudlotul Muta'allimin Putat Lor - Menganti - Gresik telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar71,25 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 87,5 (baik). Dan hasil skor observasi terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 66 (tidak baik) sedangkan siklus II menjadi 91 (sangatbaik). (2) Terdapat peningkatan hasil belajar pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika kelas V MI Roudlotul Muta'allimin Putat Lor - Menganti - Gresik menggunakan model perolehan konsep (concept attainment). Hal ini dapat dijelaskn bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 73,5 (cukup baik) menjadi 91,4 (sangat baik) pada siklus II serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 71,79% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 92,3% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moh. Nu’man
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlisin, MukhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Bangun Ruang; Model Perolehan Konsep (Concept Attainmennt)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2015 02:06
Last Modified: 06 Mar 2015 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item