This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ainun, Nafisa (2016) Peningkatan komunikasi interpersonal konselor sebaya melalui pusat informasi dan konseling remaja (Pik-R) di SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (301kB) | Preview |
Abstract
Remaja mempunyai banyak idealisme, angan-angan atau mimpi yang akan diwujudkan di masa depan. Namun sesungguhnya remaja belum memiliki banyak kemampuan yang memadai untuk mewujudkan semua itu. Seringkali keinginan remaja jauh lebih besar dibandingkan dengan kemampuannya. Selain itu juga mereka ingin mendapat pengalaman sebanyak-banyaknya untuk menambah pengetahuan, di lain sisi mereka belum mampu melakukan berbagai hal dengan baik sehingga tidak berani mengambil tindakan mencari pengalaman langsung dari sumbernya.Program informasi konseling remaja adalah salah satu wadah yang dikelola oleh remaja dan ditujukan oleh remaja dan dikelola oleh remaja dalam rangka mewujudkan tegar remaja yakni remaja yang berprilaku sehat,memiliki motivasi tinggi dalam mencapai masa depan serta bertujuan membentuk keluarga kecil bahagia sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan PIK Remaja dserta keterampilan komunikasi interpersonal konselor sebaya dalam melaksanakan konseling. Lokasi penelitian berada di PIK Remaja Redasi SMPN 22 Surabaya dengan jumlah responden enam orang terdiri dari tigga konselor sebaya satu konseli dan dua pembina PIK R redasi sebagai Guru Bk dan narasumber. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konselor sebaya PIK Remaja Redasi cukup memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi konselor yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan memahami materi yang disampaikan juga memiliki ketrampilan lainnya seperti kepribadian menarik, kemampuan berempati, kecakapan berkomunikasi interpersonal, mendengar dan bertanya aktif serta kemampuan memberikan solusi dan pesan-pesan dengan baik. PIK Remaja diharapkan bisa mengembangkan eksistensinya di dalam maupun diluar sekolah dengan menyelenggarakan penyuluhan di tempat yang ramai dan banyak terdapat remaja, melakukan studi banding dengan PIK Remaja lain agar pengurus dan anggota semakin luas wawasan organisasinya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Remaja | ||||||||
Keywords: | Remaja; Bimbingan Konseling | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Nafisa Ainun | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:46 | ||||||||
Last Modified: | 28 Feb 2020 06:50 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13319 |
Actions (login required)
View Item |