PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MATA PELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEMESTER I MI RIYADLATUL ATHFAL HULAAN MENGANTI GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ufaifah, Siti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MATA PELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEMESTER I MI RIYADLATUL ATHFAL HULAAN MENGANTI GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Strategi Inkuiri yaitu serangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Berdasarkan pengalaman kami dilapangan pada bahwa dalam pembelajaran IPA materi organ pernapasan manusia banyak dijumpai kekurangan, hasil belajar saat uji kompetensi saat sebelum diadakan penelitian in yaitu sebanyak 87% peserta didik kami mengalami ketidak tuntasan dalam pembelajaran.
Permasalahan yang ingin dikaji adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran organ pernapasan manusia mata pelajaran IPA melalui strategi inkuiri dan Apakah strategi inkuiri dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan peserta didik kelas V semester I MI RIYADLATUL ATHFAL Hulaan Menganti Gresik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan mata pelajaran IPA melalui strategi inkuiri dan ingin mengetahui bagaimana strategi inkuiri dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mendeskripsikan fungsi organ pernapasan pada peserta didik kelas V semester I MI RIYADLATUL ATHFAL Hulaan Menganti Gresik.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, dan revisi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V semester I MI RIYADLATUL ATHFAL Hulaan Menganti Gresik tahun pelajaran 2014-2015.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran ipa dengan materi fungsi organ pernapasan melalui strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar peserta didik.Hal in ditandai dengan peningkatan prosentase klasikal hasil belajar pada siklus I yaitu 40% dan silkus 2 yaitu 80%. Dan pelaksanaan pembelajarannya terlaksana sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), hal ini terbukti dari hasil observasi aktifitas peserta didik dan aktifitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Aktifitas peserta didik dan aktifitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Aktifitas peserta didik pada siklus I yaitu 70% dan siklus2 adalah 100% sedangkan aktifitas guru pada siklus I yaitu 3,7(92,5%) dan pada siklus 2 adalah 4(100%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ufaifah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Inkuiri
Keywords: Kemampuan Mendeskripsikan; Strategi Inkuiri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2015 02:44
Last Modified: 06 Mar 2015 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item