This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Navilia, Rusdiana (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-AMIEN JAMBU LENTENG SUMENEP. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini meneliti tentang “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Al-Amien Jambu Lenteng Sumenep Sumenep”. Dengan rumusan masalah, 1. Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak, 2. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: a. untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak, b. untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak. Dengan menggunakan metode penelitian “kualitatif-deskriptif” karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif, bukan menggunakan data kuantitatif yang menggunakan alat-alat pengukur. Secara praktis dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu:
wawancara ( interview) sebagai tehnik utama dalam penelitian ini, pengamatan (observasi), dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian di Madrasah Aliyah Al-Amien Jambu Lenteng Sumenep, diketahui bahwa pendidikan karakter benar-benar telah diimplementasikan dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-Amien Jambu dengan cukup baik, yakni dari mulai materi yang diajarkan,
pendekatan pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, maupun pada evaluasi pembelajarannya. Juga diketahui bahwa dalam pembelajaran akidah akhlak yang terdapat di MA Al-Amien Jambu ini tidak terlepas dari beberapa aspek pembelajaran yang juga biasa dilakukan dalam mata pelajaran lainnya. Yaitu: a.Perencanaan, berupa RPP, silabus, materi ajar, metode, alat/media, dan bentuk evaluasi. b.Proses pembelajaran, pendidikan karakter dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di implementasikan melalui penggunaan metode
yang bervariasi. Serta melalui pengelolaan kelas/tempat duduk yang diatur secara berkala. c.Penilaian, dilakukan dengan tiga cara, yaitu; lisan, pengamatan dan tulis. Kelebihan elebihan dari implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran akidah akhlak diantaranya adanya keefektifan metode dan pengelolaan kelas yang kondusif dalam pembelajaran. Sedangkan kekurangannya adalah
kekurangtersediaan cukup waktu dalam pembelajaran aqidah akhlak di sekolah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Hanun Asroah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi |
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Pendidikan Mental; Akhlaq; Aqidah Akhlak; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2015 02:56 | ||||||
Last Modified: | 06 Mar 2015 02:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1333 |
Actions (login required)
View Item |