UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN LUAS BANGUN SEGI BANYAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN KUIS PADA SISWA KELAS VI MI AL HIKMAH MASANGAN KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zur’ah, Siti (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN LUAS BANGUN SEGI BANYAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN KUIS PADA SISWA KELAS VI MI AL HIKMAH MASANGAN KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Matematika yang disajikan dengan ceramah dan latihan-latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa. Akibatnya hasil belajar selalu di urutan paling bawah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Padahal ilmu matematika memiliki peranan sangat strategis dalam berbagai kehidupan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan dan dapat meningkatkan hasil belajar, maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik yaitu menerapkan pembelajaran model kooperatif STAD dan kuis.
Rumusan masalah yang diajukan: Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD dan bermain kuis dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Kelas VI MI Al Hikmah Masangan Bungah Gresik tentang luas bangun segi banyak?
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan subyek 20 orang siswa MI Al Hikmah Masangan Bungah Gresik Tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes tulis dan perbuatan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa: pembelajaran klasikal, pembelajaran kelompok membuat soal dan jawaban metode STAD, dan kuis.
Hasil penilaian dan observasi diperoleh data sebagai berikut: aktifitas pembelajaran klasikal meningkat siklus I 64% menjadi 84% pada siklus II dari kriteria 60–70%. Aktifitas pembelajaran kelompok siklus I 81,25% menjadi 91,25% pada siklus II dari kriteria 70–80%, aktifitas pembelajaran kuis penanya Siklus I 81,47% menjadi 89,12% pada siklus II dan penjawab siklus I 79,22% menjadi 95% pada siklus II dari rata-rata 70-80% semuanya sudah dapat dikatakan berhasil. Dalam penilaian hasil belajar siklus I mencapai 85%dengan rata-rata 74 dan siklus II ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata 83,5. dapat dikatakan tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Hanafi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zur’ah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Proses Pembelajaran; Model Kooperatif STAD; Bermain Kuis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2015 07:14
Last Modified: 06 Mar 2015 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item