This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
As'ari, Aan (2014) IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (LSBS) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI : STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 GRATI KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Problematika penyelenggaraan pendidikan di Indonesia pada dasarnya terkait dangan berbagai masalah. Sistem pembelajaran lebih menitikberatkan pada kualitas hasil daripada proses. Peningkatan anggaran pendidikan dan fasilitas belajar belum berdampak secara signifikan terhadap kultur dan kinerja mengajar guru serta budaya belajar siswa. Diklat-diklat yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Nasional secara langsung baru mampu meningkatkan kemampuan guru secara teoritis tetapi belum memberikan warna yang signifikan terhadap peningkatan kualitas siswa.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi LSBS pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti di SMAN 1 Grati kabupaten Pasuruan dan perannya terhadap peningkatan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, fokusnya adalah mendeskripsikan secara cermat proses psikologis yang dialami siswa selama pembelajaran baik dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pemaparan berbagai ungkapan tersebut
dilakukan secara thick description. Penerapan teknik analisa deskriptif dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta ditopang dengan analisis.
Temuan penelitian ini; 1) Pelaksanaan LSBS di SMAN 1 Grati kabupaten Pasuruan merupakan program kombinasi antara penilaian kinerja guru (PKG) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 dan Permenegpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 serta implementasi kurikulum 2013.
Secara praksis, LSBS di SMAN 1 Grati telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan dalam LS, yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). 2)Dengan implementasi LSBS mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
pekerti di SMAN 1 Grati kabupaten Pasuruan secara empiris telah memberikan peran yang positif bagi para siswa sebagai subyek pembelajaran, yakni terjadi peningkatan kompetensi pada ranah sikap (afektif), hal itu terlihat dari proses
psikologis yang diperoleh melalui aktivitas ¯menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. dalam proses pembelajaran dan sesudahnya, memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi pada ranah pengetahuan (kognitif), hal tersebut terlihat dari proses psikologis yang diperoleh melalui aktivitas ¯mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi di dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan kompetensi
pada ranah keterampilan (psikomotor), yakni dapat dilihat dari proses psikologis yang diperoleh melalui aktivitas ¯mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. dalam tiap proses pembelajaran dan sesudahnya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abd. Haris | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Lesson Study; Budi Pekerti; LSBS | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2015 13:19 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2015 13:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
View Item |