This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wahyuningsih, Sri (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS III MI SUNAN AMPEL SIDORAHARJO KECAMATAN KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok, yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model STAD berpengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III MI Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (64,78%), siklus II (92,85%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III MI Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative ilmu pengetahuan sosial.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mudlofir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | STAD; Hasil Belajar; IPS | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2015 03:50 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2015 03:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1345 |
Actions (login required)
View Item |