This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Affandi, Ghailmi Ousman (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGETATIF ALAMI MELALUI MEDIA TUMBUHAN SISWA KELAS VI MI MATHLABUN NAJIHIN SUMBERWARU WRINGINANOM GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan alam semesta, belajar IPA berati melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis, siswa diajak lebih dekat dan bersahabat dengan lingkungan alam semesta, tetapi kenyataan yang terjadi pada siswa bahwa belajaran IPA sering kali tidak seperti yang diharapkan, mereka menganggap bahwa belajar IPA itu sulit karena banyak hafalannya sehingga mereka malas belajar IPA akhirnya hasil ulangannya tidak sesuai dengan harapan.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah penggunaan media asli tumbuhan dapat meningkatkan motifasi belajar siswa pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami siswa kelas VI MI Mathlabun Najihin Sumberwaru wringinanom Gresik? 2. Apakah penggunaan media asli tumbuhan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami di kelas VI MI Mathlabun Najihin Sumberwaru Wringinanom Gresik? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart. Yaitu berbentuk spiral dan dari siklus yang satu ke
siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Metode yang digunakan Peneliti untuk mengumpulkan data dalam penelitian dengan cara observasi, angket dan metode tes, dengan indicator kinerja meningkatkan motifasi belajar siswa sekurang-kurangnya kategori baik dan meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami melalui media asli tumbuhan dengan nilai rata-rata minimal 80 dan terdapat 81,82% dari 22 siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 Melalui media asli tumbuhan dapat meningkatkan motifasi dan prestasi belajar siswa pokok bahasan perkembangbiakan tubuhan secara vegetatif alami dikelas VI MI Mathlabun Najihin Sumberwaru Wringinanom Gresik. Hal ini ditunjukkan dengan motifasi belajar siswa pada siklus ke I rata-rata 3,09 kategori cukup baik dan pada siklus ke II meningkat menjadi 4,58 kategori amat baik sedangkan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, sebelum diadakan PTK nilai rata-rata siswa 57,27, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,09 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,09.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irma Soraya | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; IPA; Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2015 06:29 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2015 06:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1348 |
Actions (login required)
View Item |