This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aslikhah, Aslikhah (2014) STRATEGI PEMASARAN PADA BMT MASLAHAH SIDOGIRI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Bisnis merupakan serangkaian peristiwa yang melibatkan pelaku bisnis, terkait dengan pemasaran bisnis dalam persaingan yang semakin kompetitif, maka lembaga keuangan mikro syariah tidak bisa lepas dari etika bisnis. Etika bisnis dipahami sebagai seperangkat prinsip moral yang benar, maka etika diperlukan dalam bisnis yang professional. Pelayanan yang menyenangkan diharapkan menarik respon positif pelanggan sehingga pelanggan akan memberikan kepercayaannya kepada lembaga keuangan yang bersangkutan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitative dengan menggunakan pendekatan snowballing informan. Data diambil dengan teknik triangulasi dimana data berasal dari berbagai macam sumber data yang ada. Analisis tema atau discovering cultural theme digunakan untuk mendapatkan data yang jelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Maslahah Sidogiri dalam mengembangkan produ-produknya menggunakan strategi; pertama Ikatan alumni santri Sidogiri dimana para santri menjadi anggota tetap pada BMT Sidogiri, kedua strategi pengrekrutan tokoh masyarakat, artinya tokoh masyarakat dibeberapa daerah dijadikan anggota tetap dan juga menjadi ketua atau koordinator kelompok didaerahnya, ketiga strategi lingkungan pemasaran (inveronmental marketing) yaitu lingkungan sebagai lokasi pemasaran BMT Maslahah adalah lingkungan yang memiliki lokasi strategis dan memiliki jaringan alumni dan simpatisan yang banyak, keempat strategi sidogiri networking forum dimana BMT Maslahah mendirikan forum-forum kecil terkait dengan kegiatan pembiayaan keuangan syariah, kelima strategi peduli masyarakat (corporate social responsibility), strategi ini berbentuk kepedulian BMT Maslahah terhadap kegiatan-kegiatan masyarakat yang bersifat sosial dan keagamaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kejelasan dari keunggulan yang dimiliki oleh BMT Maslahah dalam meningkatkan produk-produknya. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai BMT yang ada diwilayah Jawa Timur agar lebih inovative dan lebih mengedepankan etika bisnis syariah dalam mengelolah bisnis keuangan yang dimiliki, serta hasil penelitian ini mampu memberikan wacana baru bagi lembaga-lembaga keuangan yang ada, bahwa lembaga keuangan tidak harus dikelolah secara konvensional saja akan tetapi dengan cara syariah Islam dan juga dikelola dari kalangan pesantren pula. Disamping itu, penelitian ini mampu membuka wacana baru bahwa pesantren mampu mengembangkan dan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Iskandar Ritonga | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bank dan Perbankan Islam Ekonomi Islam Pemasaran |
||||||
Keywords: | Etika Bisnis; BMT; Pemasaran; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2015 07:46 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2015 07:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1354 |
Actions (login required)
View Item |