This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nufus, Hayatun (2016) The implementation of integrating Islamic values in teaching English in SMP Al-Hikmah Surabaya academic year 2015-2016. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL.
|
Text
Cover.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Pengajaran bahasa Inggris kadang-kadang membawa nilai-nilai dan budaya yang tidak cocok untuk siswa Muslim. Pengajaran ilmu pengetahuan (pelajaran non-Islam) dan nilai-nilai Islam yang diajarkan secara terpisah. Nilai telah menjadi referensi dan tolak ukur manusia untuk berpikir dan bertindak setiap waktu. Dapat dikatakan bahwa nilai merupakan aspek penting dalam membentuk kehidupan manusia yang beradab. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada penerapan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam mengajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Kemudian, observasi, wawancara dan dokumentasi adalah instrumen untuk menganalisis data. Hal ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pengintegrasian nilai-nilai Islam, tipe integrasi nilai-nilai Islam, dan kekuatan dan kelemahan dari pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam mengajar bahasa Inggris. Penelitian ini melibatkan guru bahasa Inggris di kelas tujuh SMP Al-Hikmah Surabaya. Guru bahasa Inggris di kelas tujuh berjumlah tiga orang pada tahun ajaran 2015-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam proses belajar mengajar kegiatan yang dimulai dan menutup pelajaran dengan mengatakan salaam, berdoa sebelum kelas dimulai, menghubungkan atau membuat koneksi antara materi pelajaran dan siswa kehidupan sehari-hari sebagai Muslim, menceritakan kisah-kisah Islam , menjelaskan perbedaan antara budaya barat dan budaya Islam, menggunakan ekspresi Islam, menyisipkan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis, memberikan contoh yang baik kepada siswa dan memotivasi siswa untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang telah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Tipe integrasi yang digunakan adalah Integration atau Interconnected Entities. Yang terakhir, kekuatan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam mengajar bahasa Inggris: Siswa mendapatkan pengetahuan yang lebih baik tentang Islam, menjadi siswa yang baik yang benar-benar menghargai budaya Islam seperti, dapat menerapkan nilai-nilai Islam yang mereka punya di lingkungan mereka. Sementara, kelemahan yang mereka hadapi adalah kurangnya literatur tentang nilai-nilai Islam dan kurangnya media pembelajaran terutama untuk buku yang dimuat nilai-nilai Islam dalamnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Inggris | ||||||||
Keywords: | Implementation Of Integrating Islamic Values | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | Nufus Hayatun | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 01:12 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2020 07:51 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13545 |
Actions (login required)
View Item |