This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nadlifah, Lailatun (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI DARUNNAJAH LEBANISUKO WRINGINANOM GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan pembelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat diharapkan oleh seorang guru, orang tua murid serta masyarakat. Langkah yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentuan keberhasilan. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar Al Qur’an Hadist siswa kelas V MI Darunnajah Lebanisuko Kecamatan Wringinananom Kabupaten Gresik masih rendah. Berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasilnya belum memuaskan. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan model pembelajaran pemberian tugas belajar dan resitasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan implementasi metode pemberian tugas dan resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Darunnajah Lebanisuko Kecamatan Wringinananom Kabupaten Gresik materi pokok surat Al Kaafirun?
Penelitian ini dilaksanakan di MI Darunnajah yang beralamatkan di desa Lebanisuko Kecamatan Wringinananom Kabupaten Gresik. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V semester I MI Darunnajah Lebanisuko yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini rencananya dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap sikuls terdiri dari tahap pemberian tugas, pelaksanaan dalam mengerjakan tugas tersebut, dan tanggungjawab siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut. Indikator keberhasilan belajar siswa jika 75% siswa mencapai nilai 60 atau lebih, dengan rata-rata hasil
belajar minimal mencapai nilai 65 dan 80% siswa terlibat secara aktif selama proses belajar mengajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,1 dan ketuntasan belajarnya 70,6 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,5 dan ketuntasan belajarnya 79,4 %.
Simpulan yang dapat diambil adalah dengan metode pemberian tugas maka siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya di kelas V MI Darunnajah Lebanisuko Wringinanom Gresik pada mata pelajaran Al Qur,an Hadits pokok bahasan surat Al Kaafirun.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mukhammad Salik | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Peningkatan Pembelajaran; Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits; Metode Pemberian Tugas Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2015 02:08 | ||||||
Last Modified: | 10 Mar 2015 02:08 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1369 |
Actions (login required)
View Item |