PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS VIII SMP YPM 3 TAMAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainiyah, Lilik (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS VIII SMP YPM 3 TAMAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematis sangatlah penting dimiliki setiap siswa, karena prestasi literasi matematis siswa di Indonesia sangatlah rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran matematika agar siswa mempunyai kemampuan literasi matematis dalam pembelajaran matematika adalah dengan pendekatan keterampilan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan apakah terdapat peningkatan literasi matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau biasa disebut Quasi Eksperimen karena pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII-A sampai kelas VIII-F SMP YPM 3 Taman. Sampel pada penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII-F SMP YPM 3 Taman. Pengumpulan data dengan observasi aktivitas guru dan siswa, tes kemampuan awal dan akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis data Wilcoxon.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru dalam kategori sangat baik, aktivitas siswa dikatakan posistif, dan Uji Wilcoxon menunjukkan literasi maematis siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sama dengan literasi maematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainiyah, Lilikzainiyahnia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Literasi matematis; pendekatan keterampilan proses
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zainiyah Lilik
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:57
Last Modified: 30 Aug 2016 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item View Item