This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Rimah (2016) A Study Of Critical Discourse Analysis In Beauty Product Advertisement Of Garnier. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan berikut, yaitu: Bagaimana pengiklan membangun identitas ideal di iklan Garnier? Jawaban pertanyaan ini mempengaruhi pertanyaan selanjutnya, yaitu: (1) Aspek tekstual apa saja yang digunakan di iklan Garnier?; (2) Teknik diskursif apa saja yang digunakan oleh pemasang iklan untuk menarik konsumen membeli produknya?; (3) Aspek sosial apa saja yang digunakan di iklan Garnier?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Critical Discourse Analysis(CDA). Dimana analisa dari penelitian ini didasarkan pada teori tiga dimensional model dari Fairclough, yaitu: aspek tekstual, aspek diskursif dan aspek sosial. Selanjutnya, penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penelitiannya yang mana data dari penelitian ini diambil dari produk iklan kecantikan Garnier dengan mengunduh gambar pada facebook dan foto layar pada web. Terakhir adalah data analisis, yaitu dianalisa berdasarkan tiga level dari Critical Discourse Analysis(CDA)oleh Fairclough, yaitu: aspek tekstual (deskripsi), aspek diskursif (interpretasi) dan aspek sosial (penjelasan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa identitas ideal di iklan Garnierdibangun oleh pengiklan melalui aspek tekstual dan aspek sosial. Pada analisa aspek tekstual, penulis menemukan bahwa ada banyak aspek linguistic yang digunakan di iklan Garnier, salah satu contoh adalah penggunaan kata sifat; yang mana digunakan untuk membangun identitas ideal dalam konteks cantik dan tampan. Selanjutnya adalah analisa aspek diskursif, dalam hal ini penulis menemukan bahwa strategi promosi yang paling banyak digunakan untuk menarik konsumen adalah penggunaan kata ilmiah atau bukti tes klinik. Analisa terakhir adalah analisa aspek social. Dalam hal ini penulis menemukan bahwa ada bentuk perjuangan yang dilakukan oleh pengiklan untuk membangun identitas ideal di masyarakat modern saat ini; yaitu dengan menggunakan model pada sesi pengiklanan produk. Yang terakhir, penulis berharap bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk penulis selanjutnya yang tertarik meneliti iklan menggunakan pendekatan Critical Discourse Analysis (CDA).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Linguistik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris | ||||||||
Depositing User: | Hidayah Rimah | ||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2016 03:53 | ||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2019 04:50 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13749 |
Actions (login required)
View Item |