TANMIYAH MAHARAH AL KALAAM BILA’BAH AL UDZWAR : BAHS IJRA’I SHOFII FI AL MA’HAD NURUL HUDA BLITAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyadi, Rifki (2014) TANMIYAH MAHARAH AL KALAAM BILA’BAH AL UDZWAR : BAHS IJRA’I SHOFII FI AL MA’HAD NURUL HUDA BLITAR. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Sesungguhnya belajar bahasa asing bukanlah sesuatu yang mudah, terlebih tentang belajar keterampilan dalam berbicara. Akan tetapi dengan adanya semacam penelitian atau kajian memungkinkan ditemukan bermacam metode yang bagus untuk belajar berbicara dalam waktu yang efesian dan efektif. Sehingga proses pembelajaran berbicara dapat berjalan sesuai harapan. Adapun salah satu metode yang terbilang sangat bagus dalam pengembangan keterampilan berbicara adalah metode Bermain Peran. Metode ini mengembangkan siswa dalam praktek kegiatan terhadap ekspresi kemampuan mereka serta kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain , pengembangan perilaku dan kepribadian mereka dengan dimensi yang berbeda .
Berangkat dari hal tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian tentang: Pengembangan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran (Penelelitian Tindakan Kelas di Pondok Pesantren Nurul Huda – MAN Tlogo). Peneliti membatasi penelitiannya pada 3 (tiga) tujuan utama yaitu: 1) Memperbaiki proses pembelajaran keterampilan berbicara dalam mengungkapkan kalimat secara jelas dan memahamkan pada situasi-situasi yang sederhana dengan menggunakan metode Bermain Peran 2) Memperbaiki proses pembelajaran keterampilan berbicara dalam menggunakan kaidah susunan bahasa arab secara baik dan benar dengan menggunakan metode bermain peran 3) Mampu untuk berpendapat dan berbicara menggunakan bahasa Arab yang berkesinambungan dengan model yang tepat dan sesuai dengan masa kekinian bagi santri Pondok Pesantren Nurul Huda – MAN Tlogo Blitar.
Dalam melaksanakan penelitiannya, peneliti menggunakan pendekatan penitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pengajaran yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Dari penelitian tersebut peneliti berhasil menyimpulkan bahwa metode bermain peran telah memberikan perkembangan secara signifikan terhadap keterampilan berbicara bahasa arab bagi santri pondok pesantren nurul huda – Man Tlogo yang meliputi 3 (tiga) hal sebagai berikut: 1) Mengungkapkan kalimat secara jelas dan memahamkan pada situasi-situasi yang sederhana. 2) Menggunakan kaidah susunan bahasa arab secara baik dan benar. .
3) Menggunakan bahasa arab yang tepat dalam mengutarakan pendapat dan gagasan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Nasiruddin Idris Jauhar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyadi, RifkiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Bermain Peran; Metode Belajar;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2015 07:26
Last Modified: 10 Mar 2015 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item