This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jumaiyah, Jumaiyah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V MI MANBAUL ULUM MOJOPUROGEDE BUNGAH GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Sebagaimana tercantum pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah bertujuan agar siswa mampu menerapkan berbagai konsep-konsep IPA untuk meningkatkan kesadaran akan kemajuan Iptek dan kelestarian lingkungan serta kebanggaan nasional.
Dari tujuan mata pelajaran IPA tersebut tampak bahwa siswa diarahkan untuk menguasai konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah penerapan metode problem solving terhadap peningkatan belajar IPA? (b) Apakah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui penerapan metode problem solving terhadap peningkatan belajar IPA, (b) ingin mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Manbaul Ulum Mojopurogede Bungah Gresik tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67,85%), siklus II (75%), siklus III (85,71%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V MI Manbaul Ulum tahun pelajaran 2014/2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A.Z.Fanani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | IPA; Metode Problem Solving; Hasil Belajar; Perubahan Wujud Benda | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2015 01:38 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2015 01:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1386 |
Actions (login required)
View Item |